Dilema ooh dilema...


Dilema banget :’(
Rasanya … kaya apa yah? Pokoknya arrrrgghh…!!! Pengen banget aku teriak biar semua orang itu tau rasanya jadi aku …
Aku certain dari awal yah … dari awal banget.
Aku itu anak cewek satu2nya dirumah ini. Kakak aku dua2nya cowok, adik aku juga cowok, aku anak ke3 dari 4bersodara.
Kakak aku yang pertama itu pinter, bisa dibilang bijaksana lah … namanya juga anak pertama. Dia anak kesayangannya mamah. Dia yang paling diperaya mamah diantara semua anak2nya.
Nah, kakak aku yang kedua itu kebalikannya kakak pertama aku. Dia gak begitu pinter, agak begajulan dikit, manja banget tapiii tetep sama2 baik koq:D *sesi perkenalan cukup yah*
Waktu aku lulus SD dulu sebenernya aku tuh pengen banget masuk ke SMPN 3 Majalengka (bisa dibilang sih SMP Favorit didaerah aku) yang sekolah disitu juga bukan anak2 sembarangan, rata2 anak2nya golongan berada, pinter2 pula. Dan waktu itu kakak aku yang pertama lulusan sekolah disitu. Aku tuh pengeeeen banget sekolah disitu, soalnya aku juga ngerasa aku tuh lumayan pinter buat masuk sekolah disitu. Aku juga ngerasa mampu buat ikut testing disana, nilai ujian aku juga gede dengan NEM (Nilai Ebta Murni, nilai UN) 28,5.
Tapiii *ada tapinya* mamah aku bilang kalo aku sekolah disana aku gak bakal bisa nahan diri buat gak ikut2an. Secara anak2 berduit semua yg sekolah disana dan aku Cuma anak PNS biasa, pasti kewalahan ngikutin style mereka.
“Si Aa mah lalaki, moal enya kababawa. Ai neng mah pan awewe, eutik-eutik panasan. Bisi kena minder”
Katanya sih gitu, aku yaa  nurut aja sama mamah akhirnya aku masuk ke SMPN 1 Sukahaji. Kakak aku yangkedua sekolah disitu juga, tapi pas aku masuk dia udah lulus.
Di SMP nilai aku bisa dibilang berprestasi lah, aku jadi semangat. Soalnya aku mikir “gak papa lah gak sekolah di SMP favorit, moga aja nanti bisa sekolah di SMA Favorit:D”
            Pas udah lulus SMP aku lulus dengan nilai MEMUASKAN banget, papah bangga sama prestasi aku, tapiii mamah udah gak ada pas aku kelas 2 SMP jadi mamah gak sempet liat aku lulus dengan nilai bagus:’(
            Aku tuh pengen banget masuk SMA 1 Majalengka, soalnya kakak pertama aku juga sekolah disitu. Yang sekolah kesitu itu harus ikut berbagai testing, trus nilai rapot+UN juga harus bagus2. Waktu itu sekolahnya udah SBI, makannya aku pengen sekolah disitu. Pengeeeeeenn banget.
Tapiiii *ini tapi lagi* lagi2 aku gak boleh sekolah disitu. Kali ini kakak aku yang pertama yang larang, alesannya ya gara2 biaya SBInya yg mahal itu. Kakak aku khawatir kalo papah gak sanggup biayain aku sekolah disitu. Kakak aku malah nyuruh aku masuk SMAN 1 Sukahaji. Kakak aku yang kedua lulusan dari situ juga. Tapi aku tuh gak mau, pokoknya gak mau masuk situ.
            Aku mutusin buat masuk STM. Tadinya pengen masuknya ke SMEA, tapi lokasinya di Kadipaten, kejauhan, jadinya aku pilih STM. Papah ngasih ijin aku. Tapi kakak aku yang pertama engga. Waktu itu STM juga termasuk sekolah favorit dan statusnya RSBI, dengan alesan yang sama kakak aku yang pertama ngelarang aku masuk ke situ. Ditambah lagi kakak aku khawatir soalnya yang sekolah disitu mayoritasnya cowok dan masyarakat awam punya pikiran yang sekolah disitu itu anak2 gak bener semua, anak2 preman, begajulan (padahal enggak. Jauh banget sama yg dipikirin. Wong udah RSBI).
            Aku ngotot, pokoknya aku maksain buat sekolah disitu. Sampe2 aku berantem sama kakak aku yang pertama. Yaa wajar sih kakak aku perhatian, semenjak mamah gak ada n papah nikah lagi dia yang tanggung jawab atas aku.
            Aku bilang sama kakak aku yang pertama itu, aku pengen sekolah di STM supaya aku gak usah kuliah lagi. Biar aku bisa langsung kerja. Dan akhirnya kakak aku ngasih ijin juga aku sekolah disitu.
            Dan sekarang aku udah kelas tiga, bentar lagi juga mau UN n keluar. Aku gak tau harus kemana pas udah keluar dari STM ini. Aku masih bingung. Pas aku curhat ke BK kata ibu Rus lebih bagus aku kuliah, sayang kalo gak kuliah aku lumayan berotak. Aku bingung pilih kerja atau kuliah. Aku coba tanyain ke papah, dan papah bilang kalo aku harus kuliah.
            Aku seneng papah ngijinin aku masuk kuliah, jadinya aku belakangan ini sering nyari2 info tentang kampus2 yang bagus. Tapi disisi lain hati aku, aku udah males mikir n pengen cari duit aja, aku pengen kerja di Yogya, ditempat aku PKL kemarin. Pas papah aku cerita ke kakak pertama aku tentang keputusan aku buat kuliah kakak aku malah marah2.
            “aning sakola di STM teh beh teu kuliah, tapina masih hayang wae kuliah! Belis! Kena saha nu ek ngabiayaan na? kuliah teh butuh mangjuta-juta. Hayang kuliah dimana kitu heh? Di yogya? Ulah sok gagayaan nurutan batur, kadenge teu?”
            Okefine, alasan itu aku hargain. Lagian aku juga udah males mikir buat sekolah lagi. Aku putusin buat kerja. Dan dimimpi aku dari semenjak pulang PKL sampai detik ini tuh aku pengen balik lagi ke Yogya *mungkin kamu juga tau alasannya* aku udah pegang bulat2 mimpi aku itu. Tapi di Yogya aku gak punya siapa2, aku ragu nanti gak bakal di ijinin.
            Daaann bener  aja, pas aku ditanya kakak aku dan aku jawab kaya gitu, kakak aku yang pertama tetep gak ngasih ijin.
            “ek naon gawe jauh-jauh ka Yogya? Didieu ge bisa gawe mah. Ku uing mah moal di idinan gawe jauh-jauh kitu, komo mun ka Yogya. Dewek teh awewe hiji-hijina, ek di urus ku saha dewek diditu? Mun dewek di hamilan ku lalaki ek kumaha? Neng teh boga adi kawas si Gigin. Inget lain wasiat si mamah kudu ngajaga si Gigin babarengan? Da ku si papah jeung ku Bu Ni amah moal enya diurusan. Kena si Gigin ek jeung saha mun neng mangkat? Mun masih keukeuh hayang gawe jauh moal di aku adi ku uing mah!”
            Gila, beneran nyesek banget kata2nya. Malam kemarin aku gak bisa berhenti nangis. Bayangin aja coba, udah jelas mimpi dan cita2 aku itu balik lagi ke Yogya. Kalo gak dikasih ijin kuliah aku masih bisa terima, lha ini aku  gak dikasih ijin kerja jauh. Harapan aku udah sia-sia, yang aku takutin selama ini jadi kenyataan juga. Mau gak mau, suka gak suka aku harus nurut sama kakak aku. 
            Ini yang aku takutin dari dulu, aku gak akan pernah bisa lagi ketemu Suneo:’(
           
            Dulu, aku sayang sama Suneo (bahakan sampai detik ini). Tapi aku gak pernah berani bilang sama dia waktu aku masih dideket dia, pas aku udah jauh baru aku berani bilang. Waktu itu Suneo bilang dia juga sayang aku, tapi aku malah nyuruh dia ngejauh dan aku juga malah bikin dia benci sama aku dengan tingkah aku.
            Aku tau, semuanya bakal berakhir seperti ini. Makanya dari itu aku mutusin buat jadi kayak gini, soalnya aku tau kami gak akan pernah bisa ketemu lagi.

            Kamu tau? Rasanya nyimpen “rasa sayang” sendirian itu kaya apa? Perih men perih banget. Kamu juga tau? Rasanya jadi aku ?? *kamu bukan aku, so gak mungkin kamu ngerasain jadi aku*
            Masa depan itu bukan ditangan kita, tapi masa depan ada ditangan orang yang bertanggung jawab atas kita.
            Mulai sekarang, gak ada lagi cita2 jadi psikiater
            Mulai sekarang juga gak ada lagi cinta2 tentang Suneo
            Selamanya aku gak akan pernah bisa buat ketemu lagi

            Lagian aku harus sadar juga. Semua yang diomongin kakak aku ada benernya. Aku gak boleh egois, aku juga gak boleh lepas tanggung jawab atas adik aku. Adik aku tuna rungu, gak akan ada orang yang bisa ngertiin dia selain kita sebagai kakaknya. Mungkin tanpa aku kuliah, tanpa aku ngejar cita2 aku aku bisa bahagia. Mungkin juga dengan aku lupain Suneo semuanya akan jadi lebih baik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wong Jawa Nggone Semu, Sinamun ing Samudana, Sesadone Ingadu Manis

Rectoverso (Quote)

Nidji - Jangan Lupakan